Manfaat Sunat

Tips Persiapan Anak untuk Sunat

Khitan adalah suatu proses yang akan dilalui setiap anak, di Indonesia sendiri khitan merupakan sebuah tradisi, dan bagi yang Muslim khitan adalah Ibadah Sunnah. Seringkali orang tua kebingunan memilih kapan anak harus di khitan, metode khitan yang terbaik, dan tempat untuk melaksanakn sunat, apalagi buat orang tua yang baru pertama kali mempersipkan khitan untuk anak.So, Brikut kami beri tips bagi anda orang tua yang akan melakukan sunat pada anak:
1. Rencanakan khitanan jauh hari
Sebaiknya bagi anda orang tua yang akan mengkhitan anak untuk mempersiapkan dari jauh hari, jangan lakukan sunat pada anak secara mendadak. Dengan begitu anda memiliki banyak waktu untuk mempersipkan mental anak, mencari informasi mengenai metode khitan, serta anggaran sunat.
2. Cari informasi.
Cari informasi yang cukup mengenai sunat, baik tempatnya , tenaga medis pelaksananya, metode sunatnya, biaya dll. Bagi anda yang masih buta dalam metode khitan. ini adalah saat yang tepat anda mulai mencari tahu apa saja metode khitan dan di mana metode itu diterapkan, anda bisa mencari tahu di internet, atau Tanya langsung ke praktisi sunat dekat rumah anda, atau anda bisa Tanya pada orang tua yang sudah pernah mengkhitan anaknya. Carilah informasi mengenai kekurangan dan kelebihan  setiap metode khitan.
3. Persiapkan mental anak
Persiapan yang di perlukan untuk anak adalah mental psikologi, ini penting dilakukan, jangan lakukan sunat hanya keinginan orang tua atau terkesan di paksakan. Berikan informasi pada anak mulai dari proses hingga keharusan sunat dll.
Hindari perasaan keterpaksaan pada anak, jangan memaksakan sunat kepada anak bila memang belum siap, sebaliknya beri dukungan untuk meningkatkan keberaniannya dengan memberi pujian. Komunikasikan dengan baik pada anak, idealnya anak usia sekolah 8-9 th sudah bisa di beri pengertian, tunukan video khitan yang anda bisa akses di youtube untuk mengurangi perasaan takut anak.
4. persiapan anak ketika pelaksanaan khitan
Sebelum berangkan sunat sebaiknya kencing terlebih dahulu, makan dan minum yang cukup sehingga anak lebih nyaman waku khitan. Bawalah mainan kesukaan anak untuk mengurangi tingkat kecemasan anak. Anda juga bisa HP, Tablet, PCP dll sehingga waktu dikhitan ada sesuatu yang bisa dimainkan anak, tujuannya supaya anak teralihkan perhatiannya.
Berdoalah terlebih dahulu supaya proses khita lancar dan tanpa penyulit. Ajarkan pada anak untuk mengalihkan rasa takut selama khitanan berlangsung dengan cara seperti ; berdoa, mengaji, bercerita tentang hal-hal yang menyenangkan pada orangtua yang mendampingi ataupun bermain game. Cara-cara tersebut seringkali ampuh untuk menenangkan anak.Kalaupun anak menangis biarkan saja, sepanjang tidak meronta.Dampingi dan besarkan hati anak, jagalah biar anak tidak gelisah.
 Dampingi anak disisinya ketika disunat, sambil membesarkan hatinya bila timbul rasa takut pada anak. Jangan sekali2 memarahi anak karena biasanya anak tambah takut bahkan bisa berontak yang berakibat memperlambat proses sunat. Bila anak menangis biarkan saja asal tidak mengganggu proses sunat (anak menangis sering bukan karena nyeri tapi lebih karena takut). Lebih baik anak diajak berdoa agar proses sunat berjalan lancar.
Ketika khitan sudah dilaksnakan, dengarkan anjuran dan perawatan yang harus dilakukan di rumah, kapan harus kontrol, aturan minum obat dll, bertanyalah bila masih belum paham. Mintalah nomor kontak bila sewaktu-waktu ada yang mau ditanyakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *