Panduan Screen Time untuk Anak, Bunda Harus Tau !!

Panduan Screen Time untuk Anak, Bunda Harus Tau
img.freepik.com

Sebenarnya, screen time yang diatur dengan baik dapat memberikan dampak positif pada perkembangan anak, termasuk berkontribusi dalam penambahan wawasan anak secara luas. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memastikan anak memiliki screen time yang berkualitas.

  1. Mengawasi Program yang Ditonton Anak Sebelum mengizinkan anak menghabiskan waktu dengan gawainya, pastikan bahwa program atau konten yang diakses aman bagi anak kecil dan memiliki rating yang baik. Jika memungkinkan, temani anak menonton program yang disukainya agar bisa melakukan pengawasan dengan lebih baik.2. Mengajak Anak Berdiskusi Seputar Program yang Ditonton

 Sambil menonton, cobalah mengajak anak berdiskusi tentang program yang ada di layar. Selipkan juga informasi-informasi edukatif yang bisa menambah wawasan anak. Dengan begitu, ketertarikan mereka akan pengetahuan dapat meningkat dan menjadi lebih bersemangat belajar untuk mendapatkan hal-hal baru.

  1. Filter Konten Internet yang Berbahaya

 Aktifkan opsi filter untuk konten-konten yang tidak aman ditonton anak-anak. Dengan begitu, anak-anak hanya dapat menonton konten yang sesuai dengan umurnya.

  1. Melakukan Aktivitas Lain untuk Mengurangi Screen Time

Agar dapat mengatur screen time pada anak dengan baik, cobalah mencari aktivitas alternatif bersama-sama yang dapat membuat anak menjadi lebih aktif bergerak, seperti lari pagi atau bersepeda santai di sore hari.

Aturan Screen Time untuk Anak dari WHO

World Health Organization (WHO) juga memiliki anjuran waktu menatap layar gadget atau screen time yang baik untuk anak. Aturan screen time untuk anak ini dikeluarkan pada tahun 2019 dan berikut merupakan rinciannya:

Bayi hingga usia 1 tahun, tidak disarankan untuk menatap layar gawai sama sekali. Anak berusia 2–4 tahun, screen time maksimal 1 jam per hari. Lebih singkat waktu, lebih baik.Pembagian klasifikasi tersebut didasarkan pada kebiasaan anak muda menggunakan gadget terus-menerus yang menjadi faktor risiko obesitas. Screen time pada anak yang lebih singkat diharapkan dapat mendorong mereka untuk menjadi lebih aktif beraktivitas, seperti berolahraga dan melakukan interaksi sosial dengan orang-orang di sekitarnya. Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik sehingga kesehatan fisik dan mental dapat terjaga sejak dini.

Demikian informasi seputar screen time pada anak yang perlu diatur dengan tepat agar tidak menghambat perkembangan dan mempengaruhi kesehatan mereka. Apabila anak menunjukkan tanda-tanda yang mengarah pada ketergantungan terhadap gawai

Mitra Sunatan, Klinik  sunat Probolinggo berlokasi di jalan Raya muneng, asem lurus muneng kec sumberasih kab probolinggo, untuk tindakan di Mitra Sunatan Probolinggo dikerjakan oleh Dokter  dan owner langsung yang sudah berpengalaman,  untuk konsultasi maupun reservasi cukup melalui whatsapp ke 082143289422

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories