Apakah Diabetes Bisa Membuat Kurang Gizi

Diabetes Bisa Membuat Kurang Gizi
img.freepik.com

Status gizi merupakan gambaran keadaan keseimbangan antara asupan zat gizi dan kebutuhannya, Gangguan makan pada penderita diabetes melitus merupakan kondisi kesehatan yang berbeda namun terkait erat, sehingga menimbulkan tantangan tersendiri dalam hal perawatan dan penatalaksanaannya. Gangguan makan mencakup spektrum gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan perilaku makan tidak normal dan gangguan pengaturan berat badan, penderita diabetes mungkin berisiko lebih tinggi terkena gangguan makan. Kebutuhan untuk mematuhi pedoman diet tertentu, memantau kadar gula darah dengan cermat, dan mengelola pemberian obat secara kolektif dapat berkontribusi pada munculnya sikap merugikan terhadap makanan dan citra tubuh. Di sisi lain, perilaku makan yang salah seperti makan berlebihan dan membuang makanan dapat mengganggu pengendalian gula darah, sehingga berdampak signifikan pada perkembangan dan pengelolaan diabetes.

Dalam banyak kasus, saran diet untuk orang yang lebih tua dengan diabetes mungkin berbeda dari rekomendasi umum.

Lansia di panti jompo seringkali lebih cenderung kurus daripada kelebihan berat badan dan ada tingkat kekurangan gizi yang tinggi.

Maka itu, saran untuk mengurangi lemak, garam dan gula penyandang diabetes  mungkin tidak tepat diberlakukan pada lansia diabetes 

Sebab, untuk setiap orang tua dengan diabetes, pola makan yang buruk dan tidak teratur mudah sekali menyebabkan hipoglikemia dimana kadar gula darah menurun sangat drastis.

Kesehatan mulut yang buruk, efek dari beberapa obat pada sistem pencernaan, mobilitas terbatas, ketangkasan atau penglihatan semuanya dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang berhubungan dengan makan.

Asupan cairan sering lebih rendah pada orang tua yang dapat menyebabkan dehidrasi, terutama selama serangan penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories