Manfaat Sunat

6 Manfaat Sunat Yang Perlu Kamu Ketahui

Sunat merupakan proses pengelupasan kulit atau kulup yang mengelilingi ujung penis. Di Indonesia sendiri sunat adalah hal umum yang biasa dilakukan oleh pria muslim. Selain dilakukan pada anak-anak atau orang dewasa sunat juga bisa dilakuka pada bayi yang baru lahir dengan usia 1 sampai 10 hari.
Secara medis semakin cepat sunat dilakukan maka proses pemulihannya pun juga akan semakin cepat.
Dalam segi kesehatan, sunat memiliki banyak manfaat seperti mengurangi risiko penularan penyakit seksual dan infeksi saluran kemih. Sebuah badan kesehatan di Amerika Serikat yang bergerak dalam pencegahan dan pengendalian penyakit bernama Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menyebutkan jika sunat secara efektif akan menurunkan risiko terkena penyakit berbahaya layaknya HIV dan juga infeksi saluran kemih. Mereka juga sangat merekomendasikan pria di seluruh dunia untuk melakukan sunat mengingat berbagai data informasi yang telah dievaluasi menunjukkan jika ada banyak sekali manfaat dan menurunnya risiko masalah kesehatan bagi pria di kemudian hari.
Lalu, apa saja sih manfaat sunat dari segi kesehatan dan dunia medis?
• Sunat ternyata dapat mengurangi terjadinya risiko kanker penis
• Menurut para pakar kesehatan ternyata sunat mampu menurunkan risiko kanker serviks pada wanita yang memiliki pasangan yang telah melakukan sunat.
• Pada pria yang telah melakukan sunat, kondisi penis ternyata lebih mudah dibersihkan. Hal ini tentu saja memengaruhi kesehatan dan mencegah dari gatal-gatal.
• Pada pria yang tidak melakukan sunat, mereka cenderung lebih rentan terkena infeksi saluran kemih yang berujung pada masalah ginjal. Sehingga sunat sangat disarankan untuk mengurangi risiko penyakit tersebut
• Beberapa jenis penyakit seksual menular yang sering menjangkiti para pria adalah human papilloma virus (HPV) dan herpes atau sifilis. Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit tersebut yaitu dengan melakukan hubungan seksual yang sehat dan aman serta melakukan sunat untuk pasangan pria.
• Mencegah terjadinya penyakit pada penis seperti nyeri pada kepala atau kulup penis yang disebut fimosis. Ini adalah kondisi saat kulup penis yang tidak disunat sulit untuk ditarik. Kondisi ini bisa menyebabkan radang pada kepala penis yang disebut balanitis.
Selain beberapa manfaat sunat diatas, penelitian yang telah dilakukan pada Negara berkembang seperti Afrika menunjukkan fakta bahwa sunat mampu menurunkan virus yang berhubungan dengan penyakit kelamin seperti AIDS secara signifikan.
Meskipun telah mengetahui banyak manfaat sunat namun beberapa pria tetap memutuskan untuk tidak melakukan sunat karena adanya risiko pendarahan ringan, peradangan, atau bahkan infeksi. Padahal hal-hal tersebut sangat bisa di minimalisir dengan kecanggihan teknologi sunat saat ini. Salah satu teknologi tersebut adalah tanpa menggunakan jarum suntik. Anda bisa melaksanakan sunat tanpa khawatir rasa nyeri atau pun infeksi setelah proses sunat selesai. Anda bisa menghubungi kami di Mitra Sunatan untuk mempercayakan proses sunatan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *